Pelatihan PPGD bagi Relawan di Balai Kalurahan Sumberadi

SLEMAN – BPBD Kabupaten Sleman yang diinisiasi oleh anggota DPRD Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Pelatihan Relawan di Balai Kalurahan Sumberadi pada 14 – 15 November 2023.  Peserta yang dilibatkan pada kegiatan ini antara lain warga masyarakat wilayah Kapanewon Mlati dan Kapanewon Gamping yang terdiri dari 45 peserta. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya relawan tentang penanggulangan bencana serta memberikan pemahaman kepada kelompok masyarakat tentang risiko bencana yang sewaktu-waktu dapat mengancam warganya. Keterlibatan dan peran serta relawan pada kegiatan penanggulangan bencana sangat penting karena merupakan garda terdepan yang ada dalam masyarakat.

Lurah Sumberadi Drs. Hadi Sunyoto pada kesempatan ini mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada BPBD Sleman dan DPRD Sleman karena telah melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat khususnya relawan di Kalurahan Sumberadi. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, warga masyarakat khususnya di wilayah Sumberadi lebih Siap dan Sigap dalam menghadapi bencana. Selanjutnnya Agaton Sulistiyanto, ST selaku Sub Koordinator Kelompok Substansi Kesiapsiagaan mewakili Kepala Pelaksana BPBD Sleman membuka kegiatan Pelatihan Relawan di Balai Kalurahan Sumberadi.

Dalam kegiatan pelatihan relawan di Kalurahan Sumberadi ini mangambil tema tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Peserta secara khusus diberi pengetahuan tentang PPGD sekaligus praktek langsung didampingi oleh Narasumber dari Lembaga Relung Indonesia Ifiane NH dan Nisa Hairurahmah. Selain itu BPBD juga menghadirkan Narasumber dari Stasiun Meteorologi Kelas II Yogyakarta Djoko Budiyono. Materi yang disampaikan mengenai Ancaman Bencana di Kabupaten Sleman beserta Upaya Mitigasinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *