Sambut Puncak HKB 2022, BPBD Kabupaten Sleman Lakukan Latihan Evakuasi Mandiri

Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022 dilaksanakan pada 26 April 2022 di Teras Merapi, Galagaharjo  dan Balerante, Klaten. Seluruh Instansi di Pemerintah Kabupaten Sleman ikut serta dalam memeriahkan Punvak HKB 2022 ini dengan mengadakan latihan evakuasi mandiri bencana pada instansi masing-masing.

Kalak BPBD Kabupaten Sleman, Makwan STP MT, beserta jajaran Eselon III ikut serta dalam Puncak HKB di Glagaharjo. Namun, meski begitu, staff yang berada dikantor tidak ingin ketinggalan. BPBD Kabupaten Sleman mengadakan evakuasi mandiri terhadap bencana gempa bumi tepat ketika jam 10:00 pagi. Latihan evakuasi mandiri yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Sleman bertujuan agar setiap staff di lingkungan BPBD Kabupaten Sleman dapat melakukan evakuasi mandiri sehingga bila terjadi bencana, staff tahu apa yang harus dilakukan serta ikut memeriahkan Puncak HKB 2022.

Latihan evakuasi mandiri ditandai dengan bunyi sirine yang dinyalakan untuk memberitahu adanya gempa kemudian staff melakukan evakuasi mandiri sementara dengan cara berlindung di kolong meja sampai dirasa gempa telah berhenti. Setelah gempa berhenti, staff keluar ruangan dan mengikuti jalur evakuasi yang disediakan untuk menuju titik kumpul dengan tertib. Kalau keadaan dirasa kondusif, staff dapat kembali melaksanakan aktivitas.

Nda

Leave a Reply

Your email address will not be published.