SLB Negeri 1 Sleman Belajar Mitigasi Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman melaksanakan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang dilaksanakan pada bulan April 2022. SLB Negeri 1 Sleman merupakan satu dari tujuh sekolah yang mengikuti program ini. SPAB sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan siswa-siswa dalam menghadapi bencana. BPBD Kabupaten Sleman bertindak sebagai fasilitator yang berperan mendampingi warga sekolah dalam program ini.

Kegiatan SPAB ini dimulai dengan pembuatan dokumen dan pelatihan yang sudah dilakukan sejak tahun 2021. Sedangkan untuk simulasi penanganan bencana sendiri baru dilakukan tahun 2022 ini. Dengan target bahwa setiap sekolah di Sleman menjadi melek mitigasi bencana dengan BPBD Kabupaten Sleman sebagai fasilitator yang kemudian didampingi oleh BPBD DIY.

BPBD Kabupaten Sleman didampingi oleh BPBD DIY bersama dengan guru-guru SLB Negeri 1 Sleman berkoordinasi dalam mengajarkan mitigasi pada siswa SLB dari pukul 8 pagi hingga 12 siang. Materi mitigasi sendiri berfokus pada bagaimana menghadapi bencana-bencana yang sering terjadi di Wilayah Pakem, seperti gempa dan gunung meletus. Pembelajaran mitigasi diterima baik dan lancar oleh seluruh warga sekolah.

Nda

Leave a Reply

Your email address will not be published.