Data Spasial Kebencanaan BPBD Sleman

 

Dewasa ini, data spasial menjadi media penting untuk perencanaan pembangunan, pengelolaan sumber daya alam, maupun monitoring wilayah dan hal-hal yang berkaitan dengan kajian keruangan pada cakupan wilayah nasional maupun daerah. Definisi sederhana dari data spasial ialah data atribut yang memiliki referensi ruang kebumian atau georeference.

Pemanfaatan data spasial semakin meningkat setelah adanya teknologi pemetaan digital dan pemanfaatannya pada Sistem Informasi Geografis (SIG). Data spasial atau keruangan yang berupa peta dipublikasikan kembali oleh BPBD Kabupaten Sleman dengan memanfaatkan layanan Google Maps. Peta tersebut baik dari segi manfaat dan visualisasi lebih representatif, mengingat layanan geoservice BPBD Sleman sedang dalam tahap perkembangan sehingga diperlukan peta pengganti yang sifatnya sementara. Visitors dapat melihat data -data sebagai berikut:

Sementara itu untuk dusun-dusun di wilayah kawasan rawan bencana baik erupsi Merapi maupun bencana lainnya dapat dilihat melalui link berikut.

Fia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *