BBPD Kabupaten Sleman Siap Sambut GPDRR Ke-7

BPBD Kabupaten Sleman siap sambut Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang dilaksanakan pada 23 – 28 Mei 2022 di Nusa Dua, Provinsi Bali. GPDRR sendiri merupakan forum multi-pemangku kepentingan yang dilaksanakan setiap tiga tahun oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB yang bertujuan untuk meninjau kemajuan, berbagi pengetahuan dan mendiskusikan perkembangan dan tren terbaru dalam upaya pengurangan risiko bencana sehingga penanggulangan bencana menjadi lebih efisien dan efektif dari waktu ke waktu. GPDRR akan diikuti oleh 193 negara dengan 5-6 ribu peserta.

Raditya Jati, selaku Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB mengatakan, “Indonesia menjadi tuan rumah GPDRR pertama di kawasan Asia Pasifik dan negara kedua di luar Jenewa, Swiss. Hal ini tentu menjadi keuntungan untuk pemerintah karena GPDRR memiliki nilai strategis global. Menjadi tuan rumah merupakan refleksi kepercayaan komunitas internasional atas kepemimpinan Indonesia di dalam isu kebencanaan.”

Nantinya GP 2022 dapat menunjukkan pentingnya solidaritas dan kerja sama internasional, serta membahas cara-cara untuk mengatasi pemicu risiko yang mendasari baik secara lokal maupun global. Selain itu, berbagai pihak akan mengeksplorasi penguatan tata kelola risiko bencana dan pembangunan sistem yang lebih kuat untuk mengelola semua jenis risiko.

GP 2022 mengangkat tema utama yaitu From Risk to Resilience: Towards Sustainable Development for All in a COVID-19 Transformed World atau Dari Risiko ke Ketahanan: Menuju Pembangunan Berkelanjutan untuk Semua di Dunia yang Berubah oleh COVID-19. Sementara itu, dalam event ini akan mengelaborasi beberapa tema, meliputi Disaster Risk Governance, Covid-19 Recovery, DRR Financing, tak lupa isu lain seperti Sendai Framework Stocktaking, Leave No One Behind, SDGS and Climate Action. Pertemuan GP 2022 diharapkan dapat memberikan pembelajaran dan praktik baik pengurangan risiko bencana dari negara lain sehingga Indonesia sebagai tuan rumah dapat terus menerus mengembangkan penanggulangan bnecana yang lebih baik ke depannya.

Nda

Leave a Reply

Your email address will not be published.