PENANGANAN DARURAT DI PRAMBANAN FOKUS DI 4 DESA

PLN sedang melakukan perbaikan jaringan listrik yang putus di Jalan Tirto – Gayam

Penanganan keadaan darurat bencana angin kencang, banjir dan tanah longsor di Prambanan hari ini, 1 Desember difokuskan di 4 desa, Sambirejo, Gayamharjo, Wukirharjo, dan Sumberharjo.

Rapat Koordinasi penanganan darurat yang dipimpin Camat Prambanan Eko Suhargono,SIP dan Danramil Kalasan Capt. Inf. Sarjono ,Kamis 30 November 2017 memutuskan bahwa   hari ini di Wukirharjo akan dilakukan pengerukan dan pembersihan tanah akibat longsor. Mempertimbangan kondisi tanah yang masih labil, penanganan di Wukirharjo ini masih mempertimbangkan kondisi cuaca dan faktor keamanan.

Di Desa Gayamharjo masih  ada 3 rumah yang perlu penanganan. Gayamharjo juga masih membutuhkan terpal untuk 3 warga dan bronjong untuk penanganan darurat. Kesulitan yang dihadapi masih adanya pergerakan tanah dan ada mata air. Lokasi lain yang belum tertangani adalah  jalan Parangan – Jali, karena adanya tumpukan material longsor, kayu dan rumpun bambu. Untuk Jalan Gayam – Tirto  penanganan untuk longsor sudah dilakukan, namun akses jalan baru bisa  dilalui roda 2. Perbaikan pipa air yang terputus Jalan Gayam – Tirto juga masih dilakukan.

Penanganan darurat di Desa Wukirharjo, alat berat sudah  dialihkan ke lokasi lain di depan balai desa, namun untuk penanganannya masih  menyisakan  1 titik, karena tanah masih labil alat berat tidak berani. Hari ini di Wukirharjo akan dilakukan penanganan pelebaran gorong- gorong di jalan utama Wukirharjo – Gayamharjo. Sedangan pelayanan Dapur Umum berjalan lancar, hanya saja masih dibutuhkan tambahan personil. Untuk  stok logistic masih mencukupi.

Sedangkan di Desa Sumberharjo, karena kondisi lokasi yangb agak jauh dari Posko Komando Tanggap Darurat di Wukirharjo, dirasa perlu untuk membentuk  sub posko  di Dayakan. Di Dusun Dayakan ini ada 2 rumah yang kondisi bangunannya  sudah turun 2 meter, sehingga kalau dibiarkan bisa roboh. Hari ini akan dilakukan penurunan genting oleh warga dibantu relawan, namun pelaksanaannya menunggu cuaca kondusif berhubung tanah masih labil. Di Sumberharjo juga  masih dibutuhkan tambahan relawan.

Sementara untuk penanganan 2 tiang listrik yang roboh dan jaringan kabel yang putus   di Jalan Tirto – Gayam, PLN malam tadi telah mengerahkan puluhan petugas dan 3 mobil untuk melakukan penanganan perbaikan  listrik dan penyambungan kembali. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.