BPBD Sleman Gelar Gladi Lapang

 

SMP Negeri 4 Gamping didaulat menjadi SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana) pertama yang dikukuhkan di tahun 2020 ini oleh Wakil Bupati Sleman, Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes pada acara gladi lapang SPAB. SPAB atau Satuan Pendidikan Aman Bencana dibentuk sebagai wujud kesiapsiagaan warga sekolah dalam mengahadapi bencana yang termasuk dalam kegiatan Penguatan Kelembagaan Masyarakat oleh BPBD Sleman. Pembentukan SPAB SMP Negeri 4 Gamping dimulai pada tanggal 15-24 Januari 2020 dengan ancaman bencana berupa angin kencang. Sementara itu, SPAB juga dibentuk di SMP Muhammadiyah Pakem mulai tanggal 15-28 Januari 2020 dengan ancaman bencana berupa erupsi Gunung Merapi sehingga bisa dikatakan pada tahun ini pembentukan SPAB oleh BPBD Sleman berlangsung secara paralel.

Kegiatan SPAB di 2 sekolah ini melibatkan civitas akademika, pemangku kepentingan terkait (desa dan kecamatan), dan komunitas relawan setempat. Sama seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya, rangkaian acara pembentukan SPAB ini diakhiri dengan simulasi gladi lapang. Gladi lapang ini diharapkan dapat menjadi pedoman sekolah-sekolah terkait dalam hal menghadapi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

 

Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang sudah terbentuk sampai saat ini adalah sejumlah 70 Satuan Pendidikan Aman Bencana. BPBD Kabupaten Sleman  berusaha mengimplementasikan dengan mensinergikan berbagai elemen  yaitu Pemerintah, Masyarakat, dan Dunia Usaha agar bisa terwujud masyarakat Sleman yang Tanggap, Tangkas, dan Tangguh dalam menghadapi bencana.

Fia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *