BNPB Dan Menteri Sosial Kunjungi Merapi

Cangkringan.  Menindaklanjuti kejadian erupsi freatik Jum’at (11/5/2018) BNPB merespon dengan melakukan kaji cepat dengan melakukan kunjungan ke Posko Utama Penanggulangan Bencana BPBD Sleman, di temui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan,STP.,MT , Kepala Deputi 2 BNPB Yolak, SE,MM.,mengunjungi Pusdalops BPBD Sleman sebagai pusat informasi dan pengendalian petugas dilapangan. Lebih lanjud Makwan menerangkan bahwa kejadian pada hari Jum’at kemarin tidak ada tanda akan adanya letusan freatik.

“Dari laporan kawan kawan BPPPTKG bahwa sebelumnya tidak ada  tanda tanda akan adanya letusan freatik seperti yang terjadi pada hari Jum’at kemarin, karena memang suasanaya landai baik dari pengamatan visual maupun instrumen, jadi kita semua juga merasa terkejut dengan keadaan seperti itu, tetapi Alhamdulillah masyarakat sudah terlatih dengan keadaan yang demikian, sehingga masyarakat dengan kesadaran sendiri sudah melaksanakan evakuasi mandiri yang di bantu oleh kawan kawan SAR, Relawan dan Komunitas Jeep Merapi”, kata Makwan saat mendampingi Kepala Deputi 2 di ruang Pusdalops.

Lebih jauh Makwan juga menjelaskan bahwa sesaat setelah kejadian SKPD yang terkait langsung di hubungi melalui media sosial WA yang langsung melaksanakan rapat koordinasi setelah sholat Jum’at, dan berdasarkan laporan dari beberapa Desa dan kecamatan bahwa abu cukup tipis sehingga tidak perlu pembersihan masal. Hanya saja di wilayah kawasan wisata Kaliurang dampaknya abu dan pasir dari Merapi agak tebal sehingga perlu pembersihan.

Setelah mengunjungi PusdalopsKepala Deputi 2 BNPB berkenan untuk melihat langsung Merapi dari dekat yang selanjudnya bersama staf dan TRC BPBD Sleman menuju Bungker Kaliadem, secara kebetulan ada kunjungan Menteri Sosial Idrus Marham. Di tempat tersebut Menteri Sosial sempat menyampaikan pesan bahwa penanganan bencana di DIY harus di tiru daerah lain, mengingat penanganan bencana di DIY khusunya di Sleman sudah cukup bagus yang diikuti kesadaran masyarakatnya akan ancaman bencana. (Tri)

Menteri Sosial Idrus Marham, di dampingi Kepala Deputi 2 BNPB dan Bupati Sleman Sri Purnomo saat mengunjungi Kaliadem tadi sore(Sabtu, 12/11/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No announcement available or all announcement expired.