Profil Huntap Gading TA. 20108

Huntap Gading berlokasi di Dusun Gading, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman, berjarak ± 8,70 km dari puncak Merapi. Ketinggian dari permukaan air laut ± 735 m. Lokasi Huntap Gading berada di sebelah timur Kali Gendol berbatasan dengan Dusun Singlar dan berdekatan dengan jalan nasional perbatasan Jateng – DIY yang merupakan jalur evakuasi.

Pengadaan tanah untuk areal Huntap Gading dilaksanakan oleh Pemda Sleman, luas areal yang disiapkan untuk Huntap Gading adalah 11,282 m², dengan jumlah huntap terbangun adalah 62 unit. Pembangunan dilaksanakan dalam 2 periode. Pada periode awal dibangun 59 unit dan kemudian menyusul periode berikutnya dibangun lagi 3 unit tambahan, sehingga jumlah keseluruhan adalah 62 unit.

Kepala Keluarga yang menempati Huntap Gading  semuanya adalah korban bencana Erupsi Gunung Merapi Tahun 2010 yang lolos verifikasi dan validasi,  ditetapkan melalui Keputusan Bupati No.68/Kep.KDH/A/2013 serta Keputusan Bupati No.387.1/Kep.KDH/A/2013 tentang Penetapan Kelompok Pemukim dan Kepala Keluarga Penerima Huntap. Dari 62 huntap yang terbangun diperuntukkan bagi by name yang berasal dari Singlar sebanyak 61 unit dan warga Kalitengah Kidul 1 unit. (Dokumen selengkapnya hubungi Subbag Umum dan Kepegawaian, Sekretariat BPBD Kabupaten Sleman).