Profil Huntap Batur Pasca Erupsi Merapi Tahun 2010 TA.2017

Huntap Batur merupakan satu diantara 18 titik Huntap yang tersebar di Kabupaten Sleman. Huntap Batur ber lokasi di Dusun Batur Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Jarak dari puncak Merapi  ± 8,40 km dengan  ketinggian ± 734 m diatas permukaan  laut (dpl).  Lokasi Huntap Batur berada di wilayah terdampak awan panas namun di ijinkan untuk tempat Hunian Tetap dengan catatan jalan untuk evakuasi dibuat lebar dan jika Gunung Merapi berstatus siaga warga wajib untuk mengungsi. Huntap dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang berupa jalan, saluran drainase, sarana air bersih, masjid, sarana pertemuan, playground, RTH, kandang komunal dan beberapa fasilitas usaha ekonomi.  

Dengan rekomendasi dari Lembaga Pemerintah yang berwenang (BPPTKG)  yang menyetujui lokasi dimaksud sebagai tempat hunian dengan beberapa persyaratan maka lokasi Batur ditetapkan sebagai lokasi Huntap, melalui SK.Bupati No.266/Kep.KDH/2011 tentang Lokasi Pembangunan Huntap Dalam Rangka Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Gunung Merapi  2010 yang diterbitkan pada tanggal 10 Agustus 2011.  

Dalam dokumen ini disampaikan Gambaran Umum Huntap Batur, Program Rehabilitasi dan Rekonstruksi terhadap 5 sektor utama penopang kehidupan di Huntap batur meliputi sektor-sektor Perumahan, Infrastruktur, Ekonomi, Sosial budaya dan Lintas Sektor serta Kesimpulan dan Rekomendasi.  (Dokumen selengkapnya hubungi Subbag Umum dan Kepegawaian, Sekretariat BPBD Kabupaten Sleman).