PENINGKATAN KAPASITAS PENANGANAN KEBENCANAAN BERBASIS APLIKASI GIS

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman melalui Bidang Kedaruratan dan logistik mengadakan pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC). Kegiatan pelatihan ini guna meningkatkan kapasitas Tim Reaksi Cepat Kabupaten Sleman didalam penanganan kedaruratan ketika terjadi pengaktifan pos komando menghadapi bencana yang berbasis aplikasi GIS (Geographic Information System). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Tim Reaksi Cepat Kabupaten Sleman yang berjumlah 30 orang selama 3 hari.

Pelatihan Tim Reaksi Cepat Kabupaten Sleman dibuka oleh Kepala Sekretariat BPBD Kabupaten Sleman Asih Kushartati, STP, M.T yang membahas standar pelayanan minimum evakuasi dan penyelamatan korban bencana. Dalam kegiatan ini BPBD Kabupaten Sleman menghadirkan narasumber yaitu Johny Sumbung Selaku Direktur Penanganan Pengungsi BNPB. Dalam pemberian materi, Johny Sumbung memberikan materi teknis penyusunan rencana operasi tanggap darurat bencana dan teknis assesment kejadian bencana bagi TRC daerah sehingga dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan operasi penanggulangan bencana dalam dilaksanakan dengan cepat, tepat, efektif,efisien, aman, terpadu dan akuntabel.

 

Dalam kegiatan ini juga diberikan materi pelaporan dan pengolahan hasil assesment TRC yang berbasis geospasial serta pengunaan alat GPS navigasi dan Mapping guna mendukung aplikasi kebencanaan yang telah dimiliki Kabupaten sleman.

Nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *