PENINGKATAN KAPASITAS DAN KEMAMPUAN PERSONIL BPBD KABUPATEN SLEMAN

BPBD Kabupaten Sleman, – Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan bagi personilnya memiliki beragam kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing Bidang, yaitu Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bidang Kedaruratan dan Logistik serta Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Dalam hal ini dari salah satu bidang yang ada, Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi sudah melaksanakan 2 (dua) kegiatan pelatihan. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pertukangan dilaksanakan pada bulan Agustus serta pelatihan Trauma Healing pada bulan September tahun 2019.
Pelatihan pertukangan bagi personil komunitas relawan yang tergabung dalam FKKRS berlangsung selama 4 (empat) hari, dengan materi kegiatan teori dan praktek dilaksanakan di Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi yang berada di Jalan Malangyudo, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman.


Tujuan pelatihan pertukangan ini adalah agar dapat meningkatkan pengetahuan, memberikan teori yang benar dan dalam pelaksaan praktek di lapangan serta menyiapkan kebutuhan tenaga tukang yang baik dan benar untuk kegiatan rebab rekon, merupakan kegiatan di tahun ke-4 (empat), yang sebelumya pelaksanaan pelatihan serupa bekerjasama dengan Sekolah Vokasi Dept. Teknik Sipil UGM Yogyakarta.

Pelatihan Trauma Healing bagi personil Komunitas Relawan yang tergabung dalam FKKRS dan Petugas penjaga Barak pengungsian yang diikuti oleh 25 peserta. Acara tersebut dilaksanakan mulai hari Senin, 2 September 2019 sampai dengan Kamis, 5 September 2019. Pelatihan dilaksanakan di Prima SR Hotel & Convention jalan Magelang km. 11 Dukuh, Tridadi, Sleman.


Kegiatan pelatihan ini merupakan pelatihan di tahun kedua yang di tahun sebelumnya (tahun 2018) juga sudah melaksanakan kegiatan pelatihan serupa. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan memberikan informasi tentang Trauma Healing.
Pelaksanaan pelatihan ini meghadirkan narasumber dari BPBD Kabupaten Sleman dan Akademisi (Spring Up Consultant). Materi pelatihan yang disampaikan adalah tentang kebijakan penanggulangan bencana, regulasi tentang bantuan bencana, mengenali trauma & stress, metode penanggulangan trauma & stress, dasar-dasar konseling untuk penanganan trauma, dasar-dasar terapi bermain, terapi seni dan Brain gym serta psikodrama.


Antusiasme dari peserta dalam mengikuti pelatihan terlihat dari peran aktifnya dalam berinteraksi dengan para narasumber sampai di hari terakhir pelaksanaan kegiatan tersebut dan berharap ada kegiatan pelatihan lanjutan.

Amn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *