Pelatihan Sistem Informasi Geografi Tahun 2020

Seksi Mitigasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman mengadakan acara Pelatihan Sistem Informasi Geografi atau Geographic Information System yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut yaitu dari tanggal 17-19 Maret 2020 di Posko Utama BPBD Sleman. Pelatihan SIG ini merupakan salah satu acara dari rangkaian kegiatan Pengelolaan Sarana Prasarana Mitigasi Bencana. Acara ini menyasar individu-individu yang berkomitmen terhadap upaya mitigasi bencana di wilayah masing-masing melalui sistem informasi geografi.

Acara pelatihan ini diikuti oleh 35 orang yang ditunjuk oleh desa dan kecamatan serta PMI dan relawan bencana yang concern terhadap kebencanaan dengan memenuhi beberapa syarat tertentu. Acara ini berupa pelatihan dengan materi yang terdiri dari teori dan praktik. Materi teori bisa dibarengi dengan materi praktik. Berikut rincian materi dan kegiatan Pelatihan SIG:

Hari Pertama

Acara dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Sleman diikuti oleh pemberian materi mengenai Kebijakan Penanggulangan Bencana. Materi kedua berupa Pengantar SIG dan Peran SIG dalam Kebencanaan yang menampilkan beberapa geoservice dan aplikasi untuk smartphone Android yang saat ini sudah dimiliki oleh BPBD Kabupaten Sleman. Materi akhir ialah Pengantar SIG Lanjutan dan Teori ArcGIS serta Praktik Aplikasi GPS Essentials dan Avenza Map.

Hari Kedua

Kegiatan pada hari kedua, peserta diajak untuk praktik dalam mengumpulkan data di lapangan menggunakan GPS handheld dan aplikasi CarryMap. Sebelumnya peserta mendapat materi mengenai Kerelawanan dari Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sleman. Peserta di hari kedua ini mencoba untuk mengumpulkan data dalam bentuk titik, garis, maupun area menggunakan GPS dan CarryMap di sekitar Posko Utama BPBD Sleman.

Hari Ketiga

Peserta diajak praktik menggunakan software ArcMap untuk mengolah data shapefile jalur evakuasi, barak pengungsi, dan titik kumpul yang kemudian di-layout sedemikian rupa. Berikut beberapa contoh hasil layout oleh peserta pelatihan:

 

Fia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *