Pelatihan Pengelolaan Barak Pengungsi Bencana Desa Sambirejo Prambanan Sleman

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman dalam meningkatkan  kesiapsiagaan menghadapi bencana menggelar Pelatihan Pengelolaan Barak Pengungsi Bencana di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan, Sleman. Pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari, Selasa 25 Februari 2020 dan Rabu 26 Februari 2020. Untuk peserta melibatkan 50 orang warga desa Sambirejo, Prambanan meliputi anggota Karang Taruna, PKK, Linmas, Perangkat Desa.

Pada hari pertama Selasa 25 Februari 2020, BPBD Sleman menghadirkan beberapa narasumber antara lain dari Dinas Kesehatan kabupaten Sleman, Polres Sleman, Petugas pengelola gudang logistik dan peralatan BPBD Sleman dan BPBD Sleman. Pelatihan diawali pemberian materi oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Makwan, STP, MT tentang kebijakan Pemda Sleman dalam pengelolaan barak pengungsi bencana dan logistik bencana. Dilanjutkan dari Dinas Kesehatan kabupaten Sleman yang memberikan materi tentang penanganan pertolongan pertama pada penyakit (P3P) dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) bagi pengungsi. Dari Polres Sleman menyampaikan materi tentang pengelolaan pengamanan jalur evakuasi menuju barak pengungsi dan pengelolaan pengamanan di barak pengungsi dan dari Pengelola gudang logistik dan peralatan BPBD Sleman memberikan materi pengelolaan dan tehnik pendirian tenda pengungsi.

Pada hari kedua Rabu 26 Februari 2020, dilaksanakan simulasi pendirian tenda pengungsi dan simulasi pengelolaan barak pengungsi ketika terjadi bencana tanah longsor. Kepala Seksi Penanganan Pengungsi dan Logistik Bencana BPBD Sleman, Dwi Harjanto mengatakan, diharapkan dari pelatihan pengelolaan barak pengungsi bencana ini menjadi bekal bagi warga untuk kesiapsiagaan penanganan bencana di Desa Sambirejo.

 

Nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *