Lomba Satuan Pendidikan Aman Bencana dan Desa Tangguh Bencana Tahun 2019

 

Selama kurang lebih 2 minggu terhitung dari tanggal 4-14 November 2019, Seksi Kesiapsiagaan dari Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan mengadakan lomba satuan pendidikan aman bencana dan desa tangguh bencana yang diikuti oleh 8 sekolah baik tingkat TK, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA serta 8 desa yang ada di Kabupaten Sleman. Delapan sekolah tersebut antara lain SDN Ngemplak 2, SD Muhammadiyah Girikerto, SMPN 4 Pakem, SDN Rejodani, SD Muhammadiyah Mantaran, SDN Mlati 2, MA Sunan Pandanaran, TK/SD Model Ngemplak. Sementara lomba destana diikuti oleh Desa Mororejo, Desa Widodomartani, Desa Sinduharjo, Desa Tambakrejo, Desa Banyuraden, Desa Sidoarum, Desa Selomartani, dan Desa Triharjo.

Terdapat 8 aspek umum penilaian yang dipertimbangkan dalam lomba SPAB dan Destana tahun ini yaitu legislasi, perencanaan, kelembagaan, pendanaan, manajemen risiko, pengembangan kapasitas, keterlibatan aktor, dan rencana tindak lanjut. Delapan aspek umum tersebut dibagi lagi menjadi 40 indikator yang nantinya akan dilakukan penilaian oleh juri secara kuantitatif dengan skor 1-10 dan secara kualitatif dengan klasifikasi belum tercapai, sedang tercapai, dan sudah tercapai.

Keluar sebagai pemenang pertama dari kategori SPAB ialah SDN Ngemplak 2 dengan skor 2117, runner up SD Muhammadiyah Girikerto dengan skor 2047, dan juara ketiga yaitu SMPN 4 Pakem dengan skor 2021.

Sementara Desa Mororejo sebagai juara pertama lomba destana dengan skor tertinggi yaitu 2642, diikuti oleh Desa Widodomartani dengan skor 2061, dan juara ketiga yaitu Desa Sinduharjo dengan skor 2371.

Para pemenang tersebut ditetapkan oleh juri lomba SPAB dan Destana pada tanggal 28 November 2019 dan tentunya pemenang berhak mendapatkan hadiah sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya. Harapannya dengan diadakan lomba ini ialah masyarakat maupun satuan pendidikan di Kabupaten Sleman aware terhadap ancaman bencana didaerahnya sehingga mampu mengetahui upaya mitigasi dan penanganan yang tepat. Sekali lagi, BPBD Sleman mengucapkan selamat kepada para pemenang dan para partisipan dalam lomba ini. Tanggap! Tangkas! Tangguh!

Fia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *