Kaji Banding DPRD Kabupaten Sikka dan DPRD Kabupaten Jombang dengan BPBD Sleman

Pada hari Selasa siang (12/03) DPRD Kabupaten Sikka yang diketuai oleh Antonius Hendrikus Rebu dan DPRD Kabupaten Jombang yang dipimpin oleh H. Choirul Anam melakukan kaji banding di BPBD Kabupaten Sleman dengan tema mitigasi kebencanaan serta penyempurnaan Raperda terkait dengan penanggulangan bencana alam. Sebanyak 10 orang dari DPRD Kabupaten Sikka dan 30 orang dari DPRD Kabupaten Jombang hadir dalam kaji banding yang bertempat Unit 1 BPBD Sleman tersebut.

Antonius Hendrikus Rebu, Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Sikka mengatakan, “Dalam konteks mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD Kabupaten Sikka serta upaya peningkatan kapasistas OPD, kaji banding dengan BPBD Sleman ini bertujuan untuk mendalami berbagai permasalahan dalam upaya penanggulangan bencana alam yang menjadi persoalan dan perhatian DPRD Kabupaten Sikka.” Sedangkan H. Choirul Anam, ST selaku Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jombang mengatakan, “Kami ingin lebih tahu mengenai mitigasi dan rekaya teknik bangunan sebagai upaya menekan kerentanan prasarana fisik dan infrastruktur daerah dari BPB Sleman.”

Uji banding bertujuan untuk menyempurnakan Raperda inisiatif DPRD terkait penaggulangan bencana alam serta upaya untuk peningkatan kapasitas serta SDM. Dalam diskusinya, materi yang sering muncul adalah soal mitigasi bencana, tupoksi instansi, anggaran yang efektif, SOP yang dipakai, dan keahlian SDM yang diperlukan untuk meningkatkan pelayanan.

Nda

Leave a Reply

Your email address will not be published.