«

»

Apr 06

Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung di Kabupaten Sleman

Kejadian Puting Beliung yang menimpa wilayah di Kabupaten Sleman pada tanggal 5 April 2012 mengakibatkan kerusakan dan kerugian harta benda yang lumayan besar. Setelah dilakukan operasi penanggulangan paska-kejadian bencana angin puting beliung kemarin (5/4), hari ini (6/4) operasi penanggulangan bencana dilanjutkan kembali. Kali ini operasi dilaksanakan oleh  personil BPBD Kabupaten Sleman, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Propinsi DIY, RESCUE Polda DIY, Anggota SAR Sleman, SARDA DIY serta dibantu relawan dari berbagai komunitas. Para personil tersebut  bekerjasama untuk melakukan berbagai upaya pertolongan bagi masyarakat yang terdampak bencana tersebut.

Posko koordinasi Penanganan Bencana Puting Beliung berada di Balai Desa Sumberadi Kecamatan Mlati, dengan pertimbangan dampak kejadian bencana yang paling besar ada diwilayah tersebut. Sampai berita ini diturunkan, hasil pendataan dari Pemerintah Desa Sumberadi dan personil yang bertugas di lapangan melaporkan bahwa setidaknya sebanyak 495 rumah rusak dan kerugian yang ditimbulkan sebesar Rp. 987.200.000, sedangkan yang mengalami luka-luka ringan adalah Fahmi (5 th) dan Ny. Wiyanti (55 th) mengalami patah tulang dan saat ini dirawat di RSUD Murangan.

Di wilayah Kecamatan Mlati lainnya, bencana angin puting beliung mengakibatkan 236 rumah rusak ringan, 51 rumah rusak sedang, 46 rumah rusak berat, 3 Ruang SD Bedelan Sumberadi rusak dan 1 Mushola. Sedangkan di wilayah Kecamatan Seyegan 128 rumah rusak, di wilayah Kecamatan Tempel 27 rumah rusak sedangkan di wilayah Kecamatan Sleman 7 rumah rusak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>