Nov 09

Pagi Sosialisasi Cuaca Ekstrim, Siang Sleman di Goyah Angin Kencang

    Seyegan. Hujan yang di sertai angin menggoyah sebagian wilayah Kabupaten Sleman pada Kamis(9/11/2017) sekitar pukul 14.00 siang. Dalam hitungan menit beberapa pohon tumbang beberapa diantaranya menimpa rumah dan menutup akses jalan di dusun Mriyan,  Mranggen,  Mangsel yang masih masuk di kecamatan Seyegan.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Mlati yaitu di dusun Jembangan beberapa titik atap berterbangan serta pohon menimpa rumah, dalam kejadian ini di laporkan satu orang korban luka ringan tertimpa reruntuhan atap yaitu ibu Partinem(65). Saat di konfirmasi tim BPBD Sleman menuturkan,  saat kejadian dirinya tengah memasak di dapur tetapi tiba tiba terdengar suara pohon menimpa rumah tersebut dan kejadianya begitu cepat. BPBD Sleman mengerahkan Tim Reaksi Cepat untuk melakukan assesment awal dalam kejadian ini serta melakukan penanganan awal untuk membuka akses jalan masuk serta mengevakuasi beberapa pohon yang menimpa rumah. Untuk penanganan darurat BPBD Sleman telah menyalurkan terpal untuk pengganti sementara atap yang mengalami kerusakan,  dan sudah mendorong logistik pangan untuk korban bencana.

Masih di Kecamatan Seyegan pohon beringin yang berdiameter 150 cm yang berada di lingkungan sumber air si bedug roboh dan menimpa bangunan yang ada di komplek sumber air tersebut. Dari hasil koordinasi antara tokoh masyarakat,  BPBD Sleman,  Basarnas, dan komunitas relawan akhirnya di putuskan bahwa evakuasi batang pohon akan dilaksanakan esok hari. Sampai berita ini di muat,  TRC dan Pusdalops BPBD Sleman masih melakukan pendataan jumlah korban dan kerusakan yang diakibatkan angin kencang siang tadi.

Sebelum angin kencang terjadi BMKG Yogyakarta telah memberi peringatan akan adanya potensi angin kencang di wilayah yogyakarta, hal ini di ungkapakan oleh BMKG saat menjadi narasumber dalam pertemuan antara BPBD Sleman, BMKG, PLN,  SKPD terkait serta komunitas relawan yang di selenggarakan BPBD Sleman Kamis pagi. (Tri)

Besarnya angin menumbangkan beberapa pohon, tampak petugas TRC BPBD Sleman sedang mengevakuasi pohon yang menimpa rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.