«

»

May 01

Banjir Grabag, BPBD Sleman Kirim Personel TRC Beserta Peralatan Pendukung

     Magelang. Terkait kejadian bencana yang melanda kawasan kecamatan Grabag,  Kabupaten Magelang pada hari  Sabtu (29/04/2017) yang lalu BPBD Sleman mengirim personel TRC yang di lengkapi peralatan pendukung operasi di lapangan. Personil yang di koordinatori komandan TRC BPBD Sleman Sugiyanto Raharjo ini sudah bergabung dengan tim yang terlebih dulu di lokasi bencana yang menggunakan balai Desa Sambungrejo Kecamatan Grabag sebagai posko pada hari Minggu (30/04/2017).

Dari 8 orang personel yang di berangkatkan kemarin di lengkapi dengan peralatan antara lain 1 mobil navara, 1 motor trail dan di dukung dengan peralatan Jetpump beserta selang : 2 buah, gergaji Mesin : 1 buah, sekop : 2 buah, senggrong : 2 buah,  palu besar : 2 buah, linggis : 2 buah, dandang : 1 buah, kantong mayat : 3 buah, tandu : 1 buah, kotak P3K : 1 buah, webing : 3 buah, carabiner : 4 buah, tali : 2 buah, perlengkapan pribadi (APD) : 7 set (sepatu, sarung tangan, helm)

Berdasarkan laporan personel di lapangan saat sampai di lokasi bencana hujan masih berlangsung dan bahkan luapan air masih menggenangi jalan di sekitar lokassi.

Sedangkan tujuan tim berada disana yaitu mendukung upaya pencarian korban yang belum di temukan. Dari data yanh di peroleh tim bahwa sampai siang ini masih ada 2 orang korban yang belum di temukan akibat terseret arus saat banjir melanda 4 dusun. Dan berikut data korban dan jumlah warga yang mengungsi akibat  kejadian banjir bandang tersebut :

1.Data Korban :

Masih Dalam Pencarian
1) Nama : Masinem (80 th/ Perempuan)
Alamat : Dusun Deles, Desa Citrosono, Kab.Magelang
2) Nama : Jamilatun (12 th/ Perempuan)
Alamat : Dusun Deles, Desa Citrosono, Kab.Magelang

Mengungsi
1) *Dusun Deles = 40 jiwa mengungsi di Masjid*
2) *Dusun Nipis = 102 jiwa mengungsi di rumah-rumah warga*

2. Data Rumah Rusak

a. Dusun Deles, Desa Citrosono
Rumah Hilang = 4 rumah
Rumah Rusak Berat = 2 rumah
Rumah Terdampak = 5 rumah

b. Dusun Nipis
Rumah Hilang = 1 rumah
Rumah Rusak Berat = 2 rumah
Rumah Rusak Ringan = 2 rumah
Rumah Terdampak = 17 rumah

c.  Dusun Karanglo
Rumah Hilang = 2 rumah
Rumah Rusak Ringan = 3 rumah
Rumah Terdampak = 5 rumah

d.  Dusun Kalisapi
Rumah Hilang = 1 rumah
RumTerdampak = 4 rumah

Informasi yang baru saja di terima redaksi menyebutkan 1 orang korban atas nama Jamilatin Mar’ah berhasil di temukan team evakuasi yang terdiri dari BASARNAS,  BPBD, SAR, TNI,  POLRI , PMI,  TAGANA,  dan komunitas relawan PB. Sementara tim yang dilapangan mengalami kendala, antara lain hujan dengan intensitas yang tinggi masih terjadi,  jalan tergenang air dan lumpur yang memperlambat pergerakan tim evakuasi dan ramainya masyarakat yang ingin menyaksikan bencana dari dekat sehingga tim kesulitan untuk melakukan pergerakan. (Tri)

IMG-20170430-WA0043

IMG-20170501-WA0034

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>