«

»

Oct 12

Hujan Deras, Beberapa Titik Kawasan Lereng Merapi Longsor

Cangkringan. Hujan yang mengguyur kawasan lereng Merapi pada hari Selasa, 11/10, malam mengakibatkan beberapa titik di kawasan lereng selatan Merapi  longsor. Di kawasan Umbulharjo Cangkringan longsor mengakibatkan saluran pipa air bersih milik warga dan milik PDAM Slemanmengalami kerusakan.

Masih di kawasan Umbulharjo Cangkringan, longsor dari tebing Taman Nasional Gunung merapi (TNGM) mengakibatkan saluran irigasi yang mengarah ke kawasan Kaliurang tertutup material dan dahan dan batang pohon. Untuk membuka akses saluran irigasi dan  air bersih, warga bergotong royong dibantu dari TRC BPBD Sleman dan komunitas relawan bencana. Tim BPBD Sleman yang datang ke lokasi sempat kewalahan dengan jalur yang harus menuruni lereng untuk sampai ke lokasi longsor. Tidak ada kerugian korban jiwa akibat  kejadian longsor di kedua lokasi  tersebut

Longsor juga terjadi di obyek wisata Tlogo Putri, yang mengakibatkan beberapa fasilitas wisata mengalami kerusakan  diantaranya beberapa petunjuk arah dan jalan yang tertutup material longsoran.

Menurut Kepala Resort Kaliurang Teguh Wardaya, longsor terjadi Selasa malam saat hujan mengguyur kawasan Tlogo Putri dan sekitarnya. Meski tidak separah kejaidan serupa tahun 2014,  untuk sementara obyek wisata Tlogo Putri ditutup  mengingat masih adanya sisa longsor yang belum dibersihkan dan beberapa titik masih dinilai rawan longsor.

img201610121020231img201610121107291

1 comment

  1. sofyan

    Semoga tidak ada korban jiwa.
    oia mau tanya apa saat ini obyek wisata Tlogo Putri sudah di buka lagi?
    trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>