alterntif text

«

»

Aug 12

Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Kabupaten Sleman

Sesuai dengan program kerja BPBD Kabupaten Sleman di Tahun 2016 yakni Penguatan Kelembagaan Masyarakat dalam upaya Pengurangan resiko Bencana salah satu kegiatannya pembentukan Desa Tanggun Bencana ( Destana ). Adapun kegiatan ini dilaksanakan di 4 ( empat ) desa yaitu Donokerto,Turi ,Desa Trimulyo, Sleman, Desa Pendowoharjo, Sleman dan Desa Lumbungrejo, Tempel yang merupakan desa penyangga bagi desa yang rawan terhadap ancaman erupsi Gunung Merapi.

Pelaksanaan pada bulan Agustus dan September 2016 dibagi menjadi 4 ( empat ) tahap kegiatan yakni  tiap desa 6 kali pertemuan dan diakhiri dengan Geladi Lapang . Materi yang di sampaikan antara lain Analisis Resiko bencana, Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana ( FPRB ) Desa, Rencana Penanggulangan Bencana (RPB ), Rencana Aksi Komunitas (RAK ),PPGD, Rencana Kontigensi Desa dan Peringatan Dini Berbasis Masyarakat. Narasumber berasal dari BPBD Sleman, Puskesmas dan Fasiltator kegiatan dari  MDMC serta KYPA Yogyakarta.

P_20160811_093344_HDR[1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>