«

»

May 18

Wajib Latih Penanggulangan Bencana Tahun 2016

Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas masyarakat di daerah rawan bencana erupsi Gunung Merapi BPBD Kabupaten Sleman melakasanakan kegiatan Wajib Latih Penanggulangan Bencana di Desa Umbulharjo dan Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman.

Pelatihan diadakan selama 6 hari, yakni 4 hari berupa Penyampaian Materi, sehari untuk Geladi Kotor, dan diakhiri dengan Geladi Lapang ( Simulasi penanggulangan bencana ). Adapun pelaksanaannya untuk Desa Umbulharjo dari tanggal 16 Mei – 19 Mei 2016 sedangkan Desa Kepuharjo dari tanggal 23 – 26 Mei 2016bertempat di  Gedung Pertemuan RM. Morolejar Wukirsari. Peserta Wajib Latih berjumlah 30 orang, berasal dari unsur perangkat desa, tokoh masyarakat, karang taruna,pkk, linmas dan relawan/komunitas peduli bencana yang ada di desa .
Nara sumber berasal dari BPPTKG Yogya, BBWSO Yogya, PMI Sleman, BMKG Yogya, dan BPBDSleman. SMateri yang yang disampaikan antara lain Kebijakan PB di Kabupaten Sleman,Perkembangan Merapi Terkini,Peta Resiko, Ancaman dan Kerentanan,Tata Kerja & Tugas Unit Ops dan Unit Laks PB ,Informasi Prakiraan Cuaca dan upaya kesiapsiagaan warga,Review data demografi warga, Penanganan Kedaruratan dan Logistik,Ancaman banjir lahar hujan Merapi,Skenario geladi dan SOP, PPGD dan Manajemen Kesehatan Darurat Bencana.

 

 
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>