Jul 09

DISTRIBUSI LOGISTIK UNTUK GOTONG ROYONG ANTISIPASI KEKERINGAN DI GAYAMHARJO PRAMBANAN

Rabu, 8 Juli 2015 bertempat di dusun Gayam Desa Gayam Harjo, Prambanan, BPBD Sleman memberikan bantuan logistik untuk membantu dan mendukung warga dalam rangka kerja bakti pembuatan bak penampungan air. Bak penampungan air tersebut dibangun untuk mengantisipasi kekeringan yang merupakan kejadian bencana tahunan di wilayah tersebut.
Bantuan diserahterimakan oleh BPBD Sleman melalui Bidang Kedaruratan dan Logistik kepada aparat desa setempat. Bantuan tersebut berupa logistik pangan paket BPBD Sleman dan paket lauk pauk yang berasal dari BNPB. Dalam pembicaraan singkat, Ka. Seksi Penanganan Pengungsi dan Logiatik Bencana Dwi Harjanto menyampaikan salut kepada warga Gayam yang meskipun dalam bulan Ramadhan tetap melakukan kegiatan kerja bakti dan peran serta aktif warga dalam melakukan kegiatan serta semangat untuk antisipasi bencana kekeringan yang hampir setiap tahun melanda wilayah tersebut.
Bak penampungan berjumlah 4 buah dibangun di empat lokasi yaitu di dusun Gayam dan Lemah Bang masing masing 1 buah serta di dusun Bendo 2 buah, kesemuanya masuk di pedukuhan Gayam.Bak penampungan tersebut diharapkan mampu mensuplai kebutuhan air untuk warga selain itu juga dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan ternak mereka.
Diharapkan bak penampungan tersebut sudah dapat difungsikan dengan sebagai sarana tadah hujan di musim penghujan mendatang atau sebagai bak tandon jika ada suplai dari mobil tangki air. Dan di musim kemarau mendatang warga setempat sudah dapat terpenuhi kebutuhan air untuk sehari hari, karena selama ini warga mengandalkan suplai tangki air untuk mencukupi kebutuhan mereka.
Berbagai tindakan telah dilakukan BPBD Sleman dan SKPD terkait, dan sampai saat ini masih terus mengupayakan wilayah sebagian besar Prambanan yang terdampak bencana kekeringan terus berkurang cakupan areanya meskipun cukup sulit karena kondisi geografi wilayah tersebut berpotensi timbulnya kekeringan setiap tahun, Meski sudah ada sumber air  yang di salurkan melalui pompa namun masih ada kendala dilapangan,seperti diutarakan warga setempat panel sempat rusak.

IMG_20150708_113255 IMG_20150708_112901 IMG_20150708_114604

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.