alterntif text

«

»

Sep 18

Wakil Bupati Resmikan Sekolah Siaga Bencana

Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu, SS, M.Hum, meresmikan SDN Umbulharjo 2 dan SDN Kepuharjo Cangkringan  sebagai Sekolah Siaga Bencana (SSB), di SDN Umbulharjo Selasa 16 September 2014.  Hadir pada kesempataan tersebut antara lain Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Drs. H. Julisetiono Dwi Wasito, SH,MM, Kepala Pelaksana BPBD DIY, Ir. Gatot Saptadi,  Muspika kecamatan Cangkringan,  Kepala Desa  Umbulharjo dan Kepala Desa Wukirsari, Cangkringan.

Yuni Satia Rahayu menyampaikan bahwa Kabupaten Sleman merupakan daerah yang diberi anugerah Tuhan dengan berbagai potensi yang dimiliki. Namun, dibalik itu, dari komposisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis, Sleman menyimpan potensi bencana yang diakibatkan faktor alam maupun non alam.

“Pada tahun 2010 yang lalu, kita semua merasakan bagaimana dasyatnya erupsi Gunung Merapi, yang kemudian diikuti oleh banjir lahar hujan yang terus mengancam sampai saat ini. Beberapa saat yang lalu, sebagian masyarakat Sleman juga terkena angin puting beliung yang juga menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Untuk itu, Saya berharap agar semua elemen masyarakat di Kabupaten Sleman mengerti dan memahami bagaimana menanggulani bencana dan menjadi tangguh dalam mitigasi dan penanganan bencana,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa menghadapi fenomena bencana yang makin luas dan kompleks, sesuai Undang- Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat, harus menyelenggarakan, bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana, Tetapi juga pada pra bencana dan pasca bencana. Paradigma penanggulangn bencana, tidak lagi di titik beratkan pada penanganan kedaruratan, namun lebih pada upaya pengurangan resiko bencana, menuntut adanya kesiapsiagaan masyarakat termasuk sekolah.

Pemerintah Kabupaten Sleman juga akan terus mengembangkan SSB di wilayah yang memiliki potensi bencana. Untuk saat ini tercatat telah ada 6 SSB, yakni SMK Nasional Berbah, SMK Muhammadiyah Cangkringan, SMP N 1 Cangkringan, SMK N 1 Cangkringan, SD N Umbulharjo 2 dan SD N Kepuharjo, Cangkringan.

Disamping meresmikan 2 SSB tersebut, Yuni Satia Rahayu juga menyaksikan  simulasi menghadapi bencana yang diikuti siswa dan guru.

IMG_2281IMG_2288  IMG_2374IMG_2376

1 comment

  1. Bencana Alam

    Semoga seluruh warga Kabupaten Sleman makin tangguh dan siaga dalam menghadapi bencana gempa bumi dan bencana lainnya dengan adanya program Sekolah Siaga Bencana ini. Semoga saja makin banyak program-program sesiapsiagaan dari BPBD untuk menguatkan kapasitas mereka.

    Salam Siaga,
    http://www.ibnurusydy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>