Feb 22

Angin Kencang Menerjang Wilayah Kecamatan Kalasan

Hujan disertai angin kencang menerjang wilayah Kecamatan Kalasan pada hari Jum’at (21/02/2014) pukul 13.00 WIB. Saksi mata di lapangan melaporkan angin kencang ini disertai hujan es. Angin kencang terpantau di tiga desa di wilayah Kecamatan Kalasan, yaitu Tamanmartani, Tirtomartani, dan Selomartani. Angin kencang tersebut tidak hanya menerbangkan abu vulkanik Gunung Kelud yang masih tersisa, tetapi juga mengakibatkan kerusakan rumah dan pohon tumbang.

Berdasarkan hasil kaji cepat yang dilakukan Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Sleman diperoleh data sebanyak 2 korban luka, dimana korban luka berat atas nama Eko Kusworo (35 tahun) beralamat Nangsri, Manisrenggo, Klaten yang menjalani rawat inap di RS Panti Rini Kalasan. Sedangkan, korban luka ringan atas nama Agus Sulistyo (32 tahun) asal Gebang, Hogosono, Purworejo yang hanya menjalani rawat jalan.

Sedangkan, data kerusakan akibat angin kencang dapat dilihat dari tabel berikut:

No.

Desa

Dusun

Kerusakan

Rumah

Fasilitas Umum

RR

RS

RB

 

1

Tirtomartani Ngajek

2

2

Segaran

5

1

1

Kedulan

6

2

Tamanmartani Tanjungsari

1

 

 

Carikan

2

 

 

Patehan

1

 

 

Tulung

1

1

3

Purwomartani Tegal Bojan

1

4

Selomartani Grumbul Gede

1

Total

18

2

1

4

Dari tabel di atas terlihat jumlah kerusakan rumah, terdiri atas: rumah rusak ringan (RR) sebanyak 18 rumah, rusak sedang (RS) 2 rumah, dan rusak berat (RB) 1 rumah. Kerusakan rumah sebagian besar disebabkan atap rumah warga tertimpa pohon melinjo, sengon, dan mahoni yang roboh.

Selain itu, sebanyak 4 fasilitas umum juga mengalami kerusakan, diantaranya: 1 kandang ayam milik warga Dusun Grumbul Gede, Selomartani roboh sehingga menimpa sekitar 5.000 ekor ayam, 1 pos satpam di kampus UKRIM Yogya di Dusun Tegal Bojan, Purwomartani roboh, 1 mushola di Dusun Tulung, Tamanmartani rusak ringan, dan 1 gudang material roboh di Dusun Segaran, Tirtomartani. Sebanyak 1 motor dan 1 sepeda ontel milik warga juga rusak berat tertimpa pohon di Dusun Grumbul Gede, Selomartani. Total nilai kerusakan akibat kejadian bencana angin kencang ini diperkirakan sebesar Rp 275.500.000,00.

TRC BPBD Kabupaten Sleman merespon cepat kejadian angin kencang tersebut dengan mengevakuasi pohon yang tumbang menimpa rumah penduduk, pohon yang tumbang melintang jalan, dan material atap yang jatuh bersama anggota Forum PRB Kecamatan Kalasan, Koramil, dan komunitas relawan. Di samping itu, TRC BPBD juga mendistribusikan sebanyak 4 terpal kepada korban di Dusun Ngajek, Tirtomartani, Kalasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.